INSTRUMEN
IDENTIFIKASI DAN ASESMEN ABK
Nama :
Tempat tgl lahir :
Kelas :
Sekolah :
A.PETUNJUK
|
||||
1
|
Gunakan instrumen
berikut untuk mengidentifikasi anak yang memiliki kebutuhan khusus.
|
|||
2
|
Beri tanda cek
(V) pada kolom pernyataan sesuai dengan gejala yang tampak/ diperoleh
|
|||
3
|
Catatan:
|
|||
3.1
|
Usahakan untuk
mengamati gejala-gejala yang nampak pada setiap anak dengan seksama, mungkin
memerlukan waktu beberapa hari, jangan tergesa-gesa;
|
|||
3.2
|
Untuk
melengkapi amatan, anak dapat diberikan tugas sesuai dengan pernyataan yang
diinginkan.
|
|||
3.3
|
Terdapat kemungkinan bahwa seorang anak
mengalami lebih dari satu jenis ABK
|
|||
B. INSTRUMEN
IDENTIFIKASI ABK
|
||||
GEJALA YANG DIAMATI
|
||||
A. Gangguan
Penglihatan (Tunanetra)
|
||||
1, Gangguan
Penglihatan (Low vition):
|
||||
a
|
Kurang melihat
(Kabur) tidak mampu mengenali orang pada jarak 6 meter
|
5YA
|
5Tidak
|
|
b
|
Kesulitan
mengambil benda kecil di dekatnya
|
5YA
|
5Tidak
|
|
c
|
Tidak dapat
menulis mengikuti garis lurus
|
5YA
|
5Tidak
|
|
d
|
Sering meraba
dan tersandung waktu berjalan
|
5YA
|
5Tidak
|
|
e
|
Bagian bola
mata yang hitam bewarna keruh/ bersisik/kering
|
5YA
|
5Tidak
|
|
f
|
Mata bergoyang
terus
|
5YA
|
5Tidak
|
|
g
|
Peradangan
hebat pada kedua bola mata
|
5YA
|
5Tidak
|
|
h
|
Kerusakan
nyata pada kedua bola mata
|
5YA
|
5Tidak
|
|
2. Tidak
Melihat (Blind)
|
||||
a
|
Tidak dapat
membedakan cahaya
|
5YA
|
5Tidak
|
|
B. Gangguan
Pendengaran (Tunarungu)
|
||||
a
|
1. Kurang
pendengaran (hard of hearing)
|
|||
Sering
memiringkan kepala dalam usaha mendengar
|
5YA
|
5Tidak
|
||
b
|
Banyak
perhatian terhadap getaran
|
5YA
|
5Tidak
|
|
c
|
Tidak ada
reaksi terhadap bunyi/suara di dekatnya
|
5YA
|
5Tidak
|
|
d
|
Terlambat
dalam perkembangan bahasa
|
5YA
|
5Tidak
|
|
e
|
Sering
menggunakan isyarat dalam berkomunikasi
|
5YA
|
5Tidak
|
|
f
|
Kurang atau
tidak tanggap bila diajakbicara
|
5YA
|
5Tidak
|
|
a
|
2. Tuli (deaf)
|
|||
Tidak mampu
mendengar
|
5YA
|
5Tidak
|
||
C. Tunagrahita
|
||||
1. Kecerdasan
|
||||
a. Ringan :
|
||||
1) Memiliki IQ 50-70 (dari WISC )
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2) Dua kali
berturut-turut tidak naik kelas
|
5YA
|
5Tidak
|
||
3) Masih mampu
membaca,menulis dan berhitung sederhana
|
5YA
|
5Tidak
|
||
4) Tidak dapat
berberfikir secara abstrak
|
5YA
|
5Tidak
|
||
b. Sedang
|
||||
1) Memiliki IQ
25-50 (dari WISC)
|
||||
2) Tadak dapat
berfikir secara abstrak
|
5YA
|
5Tidak
|
||
3) Hanya mampu
membaca kalimat tunggal
|
5YA
|
5Tidak
|
||
4) Mengalami
kesulitan dalam berhitung sekalipun sederhana
|
5YA
|
5Tidak
|
||
c Berat
|
||||
1) Memiliki IQ
25- ke bawah (dari WISC)
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2) Hanya mampu
membaca satu kata
|
5YA
|
5Tidak
|
||
3) Sama sekali
tidak dapat berfikir secara abstrak
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2. Perilaku
|
||||
a. Ringan
|
||||
1) Kurang
perhatian terhadap lingkungan
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2) Sulit
menyesuaikan diri dengan situasi
(interaksi sosial)
|
5YA
|
5Tidak
|
||
b. Sedang
|
||||
1)
Perkembangan interaksi dan kumunikasinya
terlambat
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2) Mengalami
kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru (penyesuaian diri)
|
5YA
|
5Tidak
|
||
3) Kurang
mampu untuk mengurus dirinya sendiri
(perlu bantuan)
|
5YA
|
5Tidak
|
||
c. Berat
|
||||
1) Tidak dapat
melakukan kontak sosial
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2) Tidak mampu
mengurys diri sendiri
|
5YA
|
5Tidak
|
||
3) Akan banyak
bergantung pada bantuan orang lain
|
5YA
|
5Tidak
|
||
D.
Tunadaksa/Kelainan Anggota Tubuh/Gerakkan
|
||||
1. Polio
|
||||
a. jari-jari
tangan kaku dan tidak dapat menggenggam
|
5YA
|
5Tidak
|
||
b. Terdapat
bagian anggota gerak yang tidak lengkap/tidak sempurna/lebih kecil dari
biasanya
|
5YA
|
5Tidak
|
||
c. Terdapat
cacat pada alat gerak
|
5YA
|
5Tidak
|
||
d. Kesulitan
dalam melakukan gerakan (tidak sempurna, tidak lentur dan tidak terkendali)
|
5YA
|
5Tidak
|
||
e. Anggota
gerak kaku, lemah, lumpuh dan layu
|
5YA
|
5Tidak
|
||
2. Cerebral
Palcy (CP)
|
||||
a. Selain
faktor yang ditunjukkan pada Polio juga disertai dalam gangguan otak
|
5YA
|
5Tidak
|
||
b. Gerak yang
ditampilkan kekakuan atau tremor
|
5YA
|
5Tidak
|
||
E. Tunalaras
|
||||
1
|
Mudah
terangsang emosimya/emosional/mudah marah
|
5YA
|
5Tidak
|
|
2
|
Menentang
otoritas
|
5YA
|
5Tidak
|
|
3
|
Sering
melakukan tindakan agresif, merusak, mengganggu
|
5YA
|
5Tidak
|
|
4
|
Sering
bertindak melanggar norma sosial/norma susila/hukum dan agama
|
5YA
|
5Tidak
|
|
F. Cerdas
Istimewa
|
||||
1
|
Membaca pada
usia lebih muda,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
2
|
Membaca lebih
cepat dan lebih banyak,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
3
|
Memiliki
perbendaharaan kata yang luas,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
4
|
Mempunyai rasa
ingin tahu yang kuat
|
5YA
|
5Tidak
|
|
5
|
Mempunyai
minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa
|
5YA
|
5Tidak
|
|
6
|
Mempunyai
inisitif dan dapat bekerja sendiri,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
7
|
Menunjukkan
kesalahan (orisinalitas) dalam ungkapan verbal
|
5YA
|
5Tidak
|
|
8
|
Memberi
jawaban, jawaban yang baik
|
5YA
|
5Tidak
|
|
9
|
Dapat
memberikan banyak gagasan,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
10
|
Luwes dalam
berpikir
|
5YA
|
5Tidak
|
|
11
|
Terbuka
terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan
|
5YA
|
5Tidak
|
|
12
|
Mempunyai
pengamatan yang tajam
|
5YA
|
5Tidak
|
|
13
|
Dapat
Berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang terutama dalam tugas atau
bidang yang minati
|
5YA
|
5Tidak
|
|
14
|
Berpikir
kritis juga terhadap diri sendiri
|
5YA
|
5Tidak
|
|
15
|
Senang mencoba
hal-hal baru
|
5YA
|
5Tidak
|
|
16
|
Mempunyai daya
abstraksi, konseptualisasi dan sintetis yang tinggi
|
5YA
|
5Tidak
|
|
17
|
Senang
terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan masalah-masalah
|
5YA
|
5Tidak
|
|
18
|
Cepat
menangkap hubungan sebab akibat
|
5YA
|
5Tidak
|
|
19
|
Berprilaku
terarah terhdap tujuan
|
5YA
|
5Tidak
|
|
20
|
Mempunyai daya
imajinasi yang kuat
|
5YA
|
5Tidak
|
|
21
|
Mempunyai
banyak kegemaran/hobi
|
5YA
|
5Tidak
|
|
22
|
mempunyai daya
ingat yang kuat
|
5YA
|
5Tidak
|
|
23
|
Tidak cepat
puas dengan prestasinya
|
5YA
|
5Tidak
|
|
24
|
Peka
(sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi),
|
5YA
|
5Tidak
|
|
25
|
Menginginkan
kebebasan dalam gerakan dan tindakan
|
5YA
|
5Tidak
|
|
G. Anak
Lamban Belajar
|
||||
1
|
Daya tangkap
terhadap pelajaran lambat
|
5YA
|
5Tidak
|
|
2
|
Sering lamat
dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik
|
5YA
|
5Tidak
|
|
3
|
Rata-rata
prestasi belajar selalu rendah
|
5YA
|
5Tidak
|
|
4
|
Pernah tidak
naik kelas
|
5YA
|
5Tidak
|
|
H. Anak yang
Mengalami Kesulitan Belajar Spesifik
|
||||
1. Anak yang
mengalami kesulitan membaca (disleksia)
|
||||
a.
|
Perkembangan
kemampuan membaca terlambat,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
b
|
Kemampuan
memahami isi bacaan rendah,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
c
|
Kalau membaca
sering banyak kesalahan
|
5YA
|
5Tidak
|
|
2. Anak yang
mengalami kesulitan menulis (disgrafia)
|
||||
a
|
Kalau menyali
tulisan sering terlambat selesai
|
5YA
|
5Tidak
|
|
b
|
Sering salah
menulis huruf b dengan p, p dengan q, v dengan u, 2 dengan 5, 6 dengan 9, dan
sebagainya
|
5YA
|
5Tidak
|
|
c
|
Hasil
tulisannya jelek dan hampir tidak terbaca
|
5YA
|
5Tidak
|
|
d
|
Tulisannya
banyak salah/terbalik/huruf hilang,
|
5YA
|
5Tidak
|
|
e
|
Sulit menulis
dengan lurus pada kertas bergaris
|
5YA
|
5Tidak
|
|
3. Anak yang
mengalami kesuiltan belajar berhitung
|
||||
a
|
Sulit
membedakan tanda-tanda: +, -, x, :, <, >, =
|
5YA
|
5Tidak
|
|
b
|
Sulit
mengoperasikan hitungan/bilangan
|
5YA
|
5Tidak
|
|
c
|
sering salah
membilang dengan urut
|
5YA
|
5Tidak
|
|
d
|
Sering salah
membedakan angka 9 dengan 6; 17 dengan 71, 2 dengan 5, 3 dengan 8 dan
sebagainya
|
5YA
|
5Tidak
|
|
e
|
Sulit
membedakan bangun geometri
|
5YA
|
5Tidak
|
|
I. Anak Autis
|
||||
Tidak mau kontrak
mata sangat kurang, ekspresi muka kurang hidup, gerak-gerik kurang tertuju
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Tak dapat bermain
dengan teman sebaya
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Tak ada empati
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Kurang mampu
mengadakan hubungan sosial dan emosional yang timbal balik.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Perkembangan
bicara terlambat atau sama sekali tidak berkembang Anak tidak berusaha untuk
berkomunikasi secara nonverbal.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Bila anak bicara
maka bicaranya tidak dipakai untuk berkomunikasi.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Sering
menggunakan bahasa yang aneh dan diulang-ulang.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Cara bermain yang
kurang variatif, kurang imajinatif, dan kuarng dapat meniru.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Mempertahankan
satu minat atau lebih dengan cara yang sangat khas dan berlebihan.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Terpaku pada
suatu kegiatan yang ritualitastic atau rutinityas yang tak ada gunanya.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Ada gerakan aneh
yang khas dan diulang-ulang.
|
5YA
|
5Tidak
|
||
Sering kali
sangat terpukau pada bagian-bagian benda.
|
5YA
|
5Tidak
|
KESIMPULAN:
Asesor:
1 Komentar
hai ka, boleh liat sistematika penulisa laporan yang kk buat. Trims
BalasHapus